Selasa, 05 Juli 2011

10 Fakta Tentang Peterpan




 


1. Group band pertama di indonesia (dan belum tertandingi) yg berhasil menembus angka penjualan 3 juta copy di album Bintang Di Surga padahal kala itu sedang masa krisis dan pembajakan kaset merajalela.Album ini terjual 1 juta copy dalam satu minggu pertama.Album ini juga laris di luar negeri,di malaysia pun album ini meraih award "Platinum Berkembar Enam".

2.Group band pertama di Indonesia yg launching albumnya (Alexandria) sampai-sampai disiarkan 6 stasiun TV live yaitu SCTV, IVM, Metro TV, ANTV, Lativi, dan TVRI ikut menyiarkan secara langsung acara tersebut. Ga ketinggalan 4 kafe di 4 kota di Indonesia juga ikut mengadakan nonton bareng launching album OST Alexandria tersebut. Cafe-cafe tersebut adalah cafe Pisa Jakarta, Cafe Tio's Semarang, Cafe Hugos Yogyakarta dan Hugos Surabaya. Jalan Dago-pun ditutup untuk acara ini.
Uniknya dari acara ini, penggemar peterpan bisa beli kupon dari seminggu sebelumnya untuk mendapatkan kaset atau cd limited edition yang ada tanda tangan plus Pin Peterpan Ost Alexandria. Kupon tersebut ditukarkan setelah acara Menunggu Pagi atau setelah jam 12 malam.Begitu jg dengan albuml "Hari Yang Cerah.."

3. Satu satunya Group Band Yg mencetak rekor MURI membuat konser marathon 24 jam di enam provinsi.Mulai menggelar konser di Medan, Sumatra Utara sekitar pukul 07.55 sampai 08.40 WIB. Dari sana, Ariel Cs lalu melanjutkan di Padang, Sumatra Barat sekitar pukul 10.45 hingga 11.30 WIB. Pada jam 12.55 hingga 13.40 WIB, Peterpan konser di Pekanbaru, Riau, terus Lampung pada jam 16.25 sampai 17.10 WIB. Ariel lantas membuka konser di Semarang, Jawa Tengah, sekitar pukul 19.45 dan berakhir pada 20.30 WIB. Konser Peterpan ditutup di Surabaya sekitar pukul 22.15 sampai 23.00 WIB.


4.Peterpan meraih 7 dr 13 nominasi di AMI 2005.woww,,belum pernah ada di sepanjang sejarah ajang award yg (lebih)setengah nominasinya diraih oleh 1 artis/band


5.. Lagu "Tak bisakah" menjadi lagu indonesia pertama dan satu satunya yg dijiplak persis oleh negara india dan menjadi top disana bahkan menjadi soundtrack film india "woh lamhe".Oh ya info lagi, lagu Peterpan yang dicontek India itu bukan cuma satu. Ada lagu lain yg dijiplak abis oleh penata musik film paling laris di India bernama Pritam, yaitu Tak Bisakah (Kya Mujhe Pyaar Hai), Di Belakangku (Aao Milo Chale) dan yg terbaru,lagu Jauh Mimpiku jg dijiplak oleh orang yg sama,yaiyu pritam.Di sana lagu hasil jiplakan yg diberi judul "Bheegi si Bhaagii si" ini masuk 10 besar top hits tangga lagu.Sepertinya pritam sangat terobsesi untuk menjadi seorang nazril irham di sana.Bisa dilihat di sini .Dan saya baru aja tau ada tiga serangkai penata musik film yang dihormati karena ide2 segar dan originalnya di Bollywood sana, nama mereka Shankar, Ehsaan dan Loy (biasa disingkat SEL), ternyata mereka juga terinspirasi lagunya Peterpan "Topeng" di soundtrack berjudul "Socha Hai" yg mereka ciptain buat film India berjudul "Rock on" (film pertama India tentang perjalanan karir sebuah band rock). Cari aja lagu2 itu di youtube, kalian akan bisa dengar kesamaan konsep dan nadanya.Catatan pribadi saya,dari semua lagu yg diisukan menjiplak karya orang lain yg pernah saya dengar,lagu "Kya Mujhe Pyaar Hai" yg merupakan 'salinan' dr lagu Tak Bisakah nya peterpan yg bnr2 mirip full.Cuma sedikit 'kreasi' yg dihasilkan si penjiplak,yaitu bagian "Kuberjalan berjalan memutar waktu..dst (setelah reff)" ditukar posisinya dgn bagian yg "Dara kau menjadi hidupku..dst".Hmm,,bnr2 plagiat 'sejati'.Kesimpulannya,peterpan merupakan band yg sangat inspiratif yg tentunya banyak memberi inspirasi bagi org lain,khususnya para musisi.Selain lagu2 mereka yg banyak diplagiat,video klip yg (mungkin) sedikit ditiru, salah satubukti lain kharisma band ini adalah lagu mereka yg berjudul "Ada Apa Denganmu" menginspirasi Didi kempot utk meresycle'nya dan ditranslate ke bhs jawa,juga penyanyi lawas Heaty Koes Endang yg menyanyikan lagu ini versi keroncongnya dan tak ketinggalan para penyanyi dangdut yg mendendangkannya ke aliran musik mereka.Selain itu,sang vokalis jg banyak menginspirasi vokalis2 pendatang baru.Salah satu contoh nyatanya adalah vokalisnya D'Bagindas.Ya,memang banyak yg melihat kalau aksi panggung vokalis band ug beraliran melayu itu mirip sama sosok ariel.Seperti yg diakui sang ''folower" sendiri kalau dia memang sangat mengidolakan sosok ariel dan senang kalau gayanya dianggap mirip walau banyak kesan itu dimirip-miripin


6. Ada satu lagi yg mungkin gk pernah terjadi di album band2 sebelumnya,yaitu album bintang di surga dirilis dalam bentuk house musik lengkap seluruh lagunya,biasanya house music itu berupa kompilasi lagu2 pilihan..tetapi ini dalam satu album lengkap dgn susunan lagu spt album aslinya. diproduksi oleh MUSICA pula.Membuktikan bahwa seluruh lagu dibintang disurga adalah HITS.Album ini pun total meraih 13 penghargaan dr berbagai ajang,mungkin raihan tertinggi yg pernah diraih sebuah album di indonesia.


7. Peterpan merupakan band yang dikenal bener2 dari karyanya.Larisnya tiap album mereka merupakan bukti nyata.Band ini juga bukan band yang suka mencari sensasi demi mempertahankan popularitasnya.Satu lagi,ariel cs tidak hanya dikenal karena namanya saja yang unik,keren, dan simple.Buktinya,tanpa nama "peterpan" pun mereka mampu meraih penghargaan "Most Inspiring Award" dari MTV.Mereka tercatat sebagai peraih penghargaan tsb tanpa nama "peterpan" melainkan "ariel,uki,loekman,reza,david".Mereka juga salah satu dari sedikit pemusik yang konsisten dalam berkarya dan selalu menjadi dirinya sendiri tanpa pengaruh dari luar,misalnya mengikuti selera pasar hanya demi tetap eksis di blantika musik tanah air.


8. Selain itu, lagu "Ada Apa Denganmu" juga pernah dibuat dalam aransemen Keroncong yg dinyanyikan oleh Hetty Koes Endang dan aransemen Campur Sari yg dipopulerkan oleh Didi kempot.


9.Lagu "Kukatakan Dengan Indah" masuk dalam daftar 150 lagu terbaik versi majalah Rolling Stones.Dari ke150 lagu tsb,Lagu "Kukatakan Dengan Indah".

10. Satu-satunya band yang replika para personelnya dimuseumkan di museum Monas (Museum
Nasional).Berkat jasa2nya, mereka dihargai bak pahlawan di negeri ini."They are the real HERO"

sumber: http://randipopo.wordpress.com/2010/07/18/profil-peterpan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar